Tips Ubah Ruangan Kecil Jadi Terasa Lebih Besar

Walau punya hunian yang kecil tapi kenyamanan tetap harus jadi yang utama. Jangan khawatir, dengan memilih furnitur dan tata letak yang efektif rumah kecil atau minimalis bisa menjadi terasa lebih besar dan luas. Simak 5 tips untuk ubah ruangan kecil jadi terasa lebih besar berikut ini ya.

Gaya & Penempatan Furniture

Bagian penting untuk membuat ruangan jadi terasa lebih besar dan luas adalah penempatan furniture. Anda dapat menempatkan furniture beberapa inci dari dinding atau Anda juga dapat menempatkan barang-barang yang lebih tinggi seperti tanaman, lampu, rak di sudut sehingga mata tertuju ke seluruh ruangan yang membuat ruangan menjadi lebih besar dan luas.

Gunakan Furniture Multifungsi

Selain penempatan furniture, Anda juga perlu memperhatikan penggunaan furniture. Untuk membuat ruangan menjadi lebih optimal dan tidak terlalu banyak barang, Anda dapat memanfaatkan penggunaan furniture serbaguna. Selain membuat ruangan menjadi lebih besar dan luas, penggunaan furniture yang memiliki banyak fungsi juga dapat membuat ruangan menjadi lebih rapih dan bersih.

Cermin sebagai Ilusi Ruangan

Salah satu teknik paling umum untuk memberikan ilusi ruang agar menjadi lebih luas adalah dengan menempatkan cermin secara strategis pada ruangan. Ada beberapa strategi penempatan cermin untuk membuat ruangan agar menjadi lebih besar dan luas. Anda dapat menempatkan cermin pada dinding sebagai hiasan untuk menggandakan tampilan ruangan secara praktis.

Anda juga dapat menggantung beberapa cermin di sekeliling ruang kecil Anda sehingga memantulkan cahaya maksimum, atau penggunaan pintu cermin geser juga dapat Anda jadikan pilihan. Dengan menempatkan cermin secara strategis dapat membuat ruangan menjadi lebih luas dan besar.

Gunakan Konsep Ruang Terbuka

Penggunaan rumah dengan konsep ruang terbuka, tanpa sekat dan pembatas ruangan dapat membuat ruangan menjadi terasa lebih besar. Tips ini dapat Anda terapkan pada ukuran rumah yang kecil agar terlihat lebih luas, sehingga dapat menata interior dengan rapi. Selain itu, penggunaan ruang terbuka dapat memberikan keuntungan-keuntungan lainnya seperti mendapat pencahayaan alami sehingga Anda dapat menghemat penggunaan listrik pada siang hari. Selain itu, sirkulasi udara pada hunian menjadi lebih baik karena mendapatkan sirkulasi udara yang segar. Rumah jadi lebih luas, listrik menjadi lebih hemat dan sirkulasi udara pun sangat baik.

Penggunaan Warna Terang pada Ruangan

Tips berikutnya adalah penggunaan warna terang pada ruangan yang dapat memantulkan cahaya sehingga dapat memberikan efek luas. Tips ini merupakan cara yang harus diaplikasikan, karna pada dasarnya penggunaan warna gelap di ruangan tidak dapat menyerap cahaya secara alami dan akan menciptakan kesan sempit pada ruangan.

Dengan warna yang lebih terang, cahaya dapat lebih memantulkan terang sehingga ruangan menjadi lebih luas. Anda bisa mencoba menggunakan warna putih, krem, atau bahkan kuning ​​untuk dekorasi dinding Anda. Penggunaan High Pressure Laminate (HPL) dapat menjadi solusi untuk Anda yang ingin menggunakan warna-warna cerah yang dapat memberikan efek luas pada ruangan. Semakin cerah, semakin besar rasanya.

Sekarang ruangan yang kecil dan sempit nggak jadi masalah lagi! Karna Anda bisa mengubah ruangan yang ada menjadi lebih terasa besar dan luas dengan tips-tips di atas yang dapat Anda terapkan untuk interior dan furniture Anda.

Untuk melengkapi desain ruangan impian, Anda bisa mewujudkannya dengan menggunakan koleksi HPL Carta Laminates. Dengan berbagai pilihan warna dan motif yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan-mu, karena segalanya bisa di #WujudkanBersamaCarta

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai HPL Carta Laminates. VIVERE Experience & Collaboration Space⁠ | South78⁠, Jl. Boulevard Gading Serpong Blok O No. 7 & 8, Medang, Pagedang, Tangerang, Banten 15334⁠ | (021) 5098 6989